Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 27 November 2015

Alat-alat Optik

Alat Optik Alat yang menggunakan lensa optik untuk melakukan fungsinya dalam membantu kegiatan tertentu. Secara sederhana alat optik adalah alat bantu penglihatan manusia.

Alat optik terbagi menjadi 2 jenis yaitu alamiah dan buatan
=> Alamiah  : mata
=> Buatan   : alat bantu penglihatan manusia untuk mengamati benda-benda yang tidak dapat dilihat dengan jelas oleh mata. Contohnya Kamera dan Proyektor, Lup, Mikroskop , Teropong/Teleskop
A.MATA
 


sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483
MENGAPA MATA DI SEBUT SEBAGAI ALAT OPTIK ??
karena mata dapat melakukan pembiasan cahaya yang masuk ke mata

Bagian-bagian mata :

Kornea bersifat tembus pandang dan berfungsi sebagai pelindung mata. Selain itu kornea berungsi juga untuk membantu memfokuskan cahaya. Agar tetap bening dan bersih, kornea dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.
Cairan aqueous ada di belakang kornea. Cairan ini berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga terfokus ke lensa mata.
Iris berpigmen. Pigmen menentukan warna pada mata seseorang.  
Pupil terdapat di tengah-tengah iris. Pupil dapat mengecil dan membesar, seperti fungsi diafragma pada kamera dan mikroskop. Pupil membuka dan menutup secara refleks bergantung pada cahaya yang masuk. Jadi berfungsi jumlah cahaya yang masuk ke mata. Jika cahaya terang, pupil akan mengecil, sedangkan ketika gelap, pupil akan membesar.    
Getah bening cairan dibelangkang lensa mata yang berfungsi untuk meneruskan cahaya ke retina.

Retina merupakan selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai layar (menangkap cahaya), tempat terbentuknya bayangan, seperti halnya pelat film pada kamera.


Bintik Kuning, di dalam bintik kuning terdapat berjutajuta sel Reseptor yang berbentuk kerucut dan batang. Bintik kuning ini sangat peka terhadap cahaya. Sel reseptor berfungsi mengubah cahaya menjadi impuls saraf ke otak melalui saraf optik. Supaya bayangan dapat terlihat dengan jelas bayangan harus terbentuk diretina tepat di bintik kuning.
•Lensa Kristalin merupakan lensa mata yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Untuk memfokuskan bayangan pada retina, lensa mencembung atau memipih. Daya untuk membuat lensa mata cembung dan memipih sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut daya akomodasi. Daya akomadasi mata berfungsi untuk mengubah jarak fokus lensa mata. Ketika benda makin dekat dengan mata maka daya akomadasi semakin besar sehingga lensa menebal akibatnya jarak fokus mata semakin kecil demikian sebaliknya.


Berikut ini adalah gambar cara kerja mata ketika melihat dekat dan melihat jauh.
1. Ketika melihat dekat


sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483



2. Ketika melihat jauh
Sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483

Jangkauan batas penglihatan 
      Mata dapat melihat dengan jelas jika letak benda dalam jangkauan penglihatan yaitu diatara titik dekat mata (punctum proximum) dan titik jauh mata (punctum remotum) . titik  dekat untuk mata normal  = 25 cm dan titik jauh = tidak terhingga.

Cacat Mata
      Yaitu terjadi ketidak normalan pada mata, karena menurunnya daya akomodasi, tidak meratanya kelengkungan lensa mata, dan terjadinya pengapuran pada  lapisan kornea. dan dapat di atasi dengan memakai kacamata, lensa kontak  atau melalui suatu operasi.


 Jenis-jenis cacat mata adalah sebagai berikut

 1. Rabun Dekat (Hipermetropi)
       Dapat melihat dengan jelas benda jauh tetapi tidak dapat melihat benda benda dekat dengan jelas. Karena lensa mata tidak dapat menjadi cembung, sehingga bayangan terletak di belakang retina.
 sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483
 2.Rabun Jauh (Miopi)
       Dapat melihat dengan jelas pada jarak 25 cm tetapi tidak dapat melihat benda benda jauh dengan jelas. Karena lensa mata tidak dapat memipih, sehingga bayangan terletak di depan retina.


 sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483

  3. Mata Tua (Presbiopi)
       Disebabkan oleh faktor usia. Orang yang usianya sudah lanjut daya akomadasinya semakin lemah sehingga lensa mata sukar mencembung  secembung-cembungnya dan sukar memipih sepipih- pipihnya . Cacat mata  presbiopi adalah cacat mata yang tidak dapat melihat benda-benda jauh atau  benda-benda dekat.Untuk menolong orang yang menderita cacat mata  presbiopi, harus digunakan kacamata rangkap. Lensa kacamata rangkap terdiri  atas lensa cekung untuk melihat benda-benda dan lensa cembung untuk  melihat  benda-benda dekat.
   4.  Astigmatisma (mata silindris)/ Presmiob
       Astigmatisma disebabkan karena kornea mata tidak berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih  melengkung pada satu bidang dari pada bidang lainnya. Akibatnya benda yang berupa titik difokuskan sebagai garis.Mata astigmatisma juga memfokuskan sinar-sinar pada bidang vertikal lebih pendek dari sinar-sinar  pada bidang Horisontal. Astigmatisma ditolong/dibantu dengan kacamata silindris.





B. KAMERA
Bagaimana pembentukan bayangan pada kamera ? Mari kita lihat gambar berikut ini !!!
 sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483

Bagimana dengan lukisan bayangan dan sifat pada kamera ?? Lihatlah gambar 
dibawah ini yaaa ^,^ semoga bisa semakin paham *,*

sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483

 C. KACA PEMBESAR (LUP)
sumber :twitter.com

Lup atau kaca pembesar adalah sebuah lensa cembung yang digunakan untuk 
mengamati benda-benda kecil agar terlihat lebih besar dan jelas. Lensa 
cembung memiliki titik fokus yang dekat dengan lensa. 

Bagian-bagian Lup

1. Tangkai Lup 
      Tangkai  atau  pegangan  lup  digunakan  pengamat  untuk  memegang Lup. Pada proses penggunaanya. Tangkai  ini  dapat  dipisahkan  dengan  lingkaran Pegangan Lensa.  


2. Skrup Pengendali 
      Skrup penghubung ini berfungsi menghubungkan antara tangkai Lup, berupa logam tipis yang juga berfungsi menguatkan pegangan kepala Lup terhadap lensa cembungnya.

3. Kepala/bingkai Lup

      Lingkaran  penuh  yang  digunakan  sebagai  bingkai  dari  Lensa  cembung  pada Lup. Bingkai ini mirip dengan bingkai kacamata yang memegang Lensa, akan tetapi bingkai kepala Lup berupa Lingkaran penuh. 
4. Lensa Cembung Lup
       Lup menggunakan lensa cembung, yang berfungsi memperbesar benda berukuran kecil sehingga tampak besar.



D.MIKROSKOP



Mikroskop – Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda renik, misalnya bakteri atau virus. Mikroskop banyak digunakan sebagai alat penelitian. Objek yang diamati dapat diperbesar hingga ratusan kali. Para ahli teknologi menggunakan mikroskop untuk mempelajari struktur kristal suatu logam atau campuran logam. Mikroskop pun digunakan untuk mengamati rangkaian dalam chip komputer dan komponen elektronika yang sangat kecil.


 Bagaimana jalannya pembentukan bayangan pada mikroskop ?? perhatikan gambar di bawah ini ! ^,^


 sumber : http://www.slideshare.net/dave_alberta/alat-optik-11972483

 
Ketentuan umum

Untuk mata berakomodasi maksimum, bayangan dari lensa okuler terletak di depan lensa  sejauh titik dekat pengamat.  S’ok = - Sn

Jika mikroskop digunakan oleh mata tidak berakomodasi maksimum, titik jauh berada di tak terhingga, sehingga jarak benda okuler sama dengan jarak fokus okuler.
S’ok = tak terhingga, shg  Sok = F ok 



E.TEROPONG

 sumber : www.anneahira.com


     Teropong atau teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar tampak lebih jelas dan dekat. Teropong terdiri atas dua jenis jika ditinjauh dari objeknya antara lain sebagai berikut..
a. Teropong Bintang
     Teropong bintang adalah teropong yang digunakan untuk melihat atau mengatai benda-benda yang ada di langit. misalnya, bintang, satelit, dan planet-planet. Teropong bintang disebut juga dengan teropong astronomi. Teropong bintang terdiri dari dua jenis yang ditinjau dari jalannya sinar antara lain sebagai beriku..
1. Teropong Bias
         Teropong bias adalah teropong yang terdiri dari dua lensa cembung, yaitu sebagai lensa okuler dan lensa objektif. Cara kerja teropong bias adalah sinar masuk ke dalam teropong lalu dibiaskan oleh lensa
        2. Teropong Pantul
         Teropong Pantul adalah teropong yang karena jalannya sinar memantul didalam teropong. Cahaya akan datang lalu dikumpulkan dalam sebuah cermin melengkung yang besar, kemudian di pantulkan ke mata pengamat oleh satu atau lebih cermin yang lebih kecil. 
b. Teropong Medan/Teropong Bumi
         Teropong yang difungsikan untuk mengamati benda-benda yang jauh di permukaan bumi. Teropong ini terdiri dari 3 lensa cembung yang masing-masing terdiri dari lensa objektif, lensa pembalik, dan lensa okuler. Lensa pembalik adalah lensa yang hanya membalikkan bayangan yang terbentuk dari lensa objektif, tidak untuk membesarkan bayangan. Disini lensa okuler berfungsi sebagai lub. Kita ketahui bahwa lensa pembalik hanya untuk membalik bayangan yang berarti bahwa bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif terletak di titik pusat kelengkungan lensa pembalik. 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About